Manfaat Menyimpan Tanaman di Dalam Rumah

Manfaat Menyimpan Tanaman di Dalam Rumah. Meletakkan tanaman hias di dalam rumah merupakan pilihan yang sangat baik karena, selain memperindah interior rumah Anda, tanaman hias ini juga memberikan banyak manfaat bagi Anda dan keluarga.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Rambut Yang Rusak

Bahkan, tanaman hias menawarkan banyak manfaat untuk hampir setiap organ yang ada dalam tubuh. Tidak hanya manfaat fisiologis tapi juga memberikan dampak positif bagi psikologis. Lalu, apa saja manfaat-manfaatnya? Simak berikut ini:

Menurunkan tingkat stress

Dewan Produk Hortikultura dari Belanda melakukan studi kerja yang hasilnya menunjukan bahwa menambahkan tanaman di dalam kantor dapat mengurangi kelelahan, sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan dan gejala flu.

Studi lain yang dilakukan oleh Agricultural University di Norway mengemukakan bahwa tingkat ketidakhadiran karena sakit menurun hingga 60 persen di sebuah kantor dengan meletakkan tanaman hias di dalam kantor.

Baca Juga : Kegunaan Pepaya Setengah Mata

Meningkatkan kebahagiaan

Penelitian telah menunjukan bahwa kehadiran tanaman dapat mengurangi stress dan rasa cemas, meningkatkan rasa tenang, meningkatkan suasana hati, dan mengontrol optimisme. Tanaman juga membantu meringankan perasaan depresi.

Mengasah tingkat fokus

Sebuah penelitian di Royal College of Agriculture di Circencester, Inggris, menemukan bahwa siswa yang di kelasnya terdapat tanaman-tanaman hias 70 persen memberikan perhatian dan fokus lebih besar dibandingkan mereka yang berada di kelas tanpa tanaman. Dalam studi yang sama tingkat kehadiran untuk kelas dengan tanaman lebih tinggi dibandingkan kelas yang tidak.

Menurunkan tekanan darah

Sebuah studi yang dilakukan di rumah sakit oleh para peneliti dari Kansas State University menunjukan bahwa pasien dengan tanaman di dalam kamar mereka memiliki tingkat tekanan darah dan jantung yang lebih rendah dibandingkan pasien yang kamarnya tidak diberikan tanaman.

Baca Juga : 10 Makanan Untuk Meningkatkan Produksi ASI

Mempercepat pemulihan

Pasien yang disediakan tanaman di dalam kamarnya rata-rata mengalami pemulihan yang lebih cepat dan keluar dari rumah sakit lebih cepat dibandingkan pasien yang tidak disediakan tanaman di dalam kamarnya.

Hmm, apakah rumah sakit di Indonesia sudah menerapkan cara ini untuk membantu pemulihan pasien?

Menghilangkan asap rokok

Kemampuan tanaman dalam memurnikan udara sekaligus dapat menghilangkan polutan yang terkandung dalam asap rokok. Khususnya tanaman peace lily atau Spathiphyllum, yang sangat baik jika Anda seorang perokok atau tinggal seatap dengan seorang perokok karena tanaman ini akan mengurangi dampak buruk dari asap rokok.

Melembabkan udara

Tanaman merupakan humidifier atau pelembab alami, saat bernapas kelembaban udara yang kita hirup membantu untuk mencegah kekeringan pada kulit, tenggorokan, hidung ataupun bibir. Selain itu juga dapat membantu menangkal gejala flu.

Baca Juga : Tujuh Cara Menjaga Kesehatan Mata

Meningkatkan kualitas tidur

Bagi Anda yang memiliki masalah tidur tampaknya perlu meletakan tanaman hias di dalam kamar. Oksigen yang dikeluarkan tanaman akan membuat Anda tidur dengan lebih nyenyak.

Tanaman Gerbera Daisy merupakan tanaman cantik yang sangat baik sebagai penghasil oksigen. Meletakkan tanaman ini di dalam kamar Anda akan membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

Pengobatan penyakit tertentu

Beberapa tanaman hias juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit tertentu. Contoh yang paling mudah adalah tanaman Aloe Vera atau biasa disebut sebagai tanaman lidah buaya. Tanaman yang satu ini sangat baik digunakan sebagai pertolongan pertama bagi luka bakar. Juga, Anda bisa menggunakannya untuk merawat rambut dan kulit.

Baca Juga : Kesehatan Rambut Berjilbab

Tinggalkan Komentar

WhatsApp chat